Katoda - Tugas Teknik Digital

 Nama : Wellyan Fionaris

Nim    : 201931058


halooo, welcome back ihiyy!!! Nah, kali ini kita akan membahas materi tentang Katoda. Mari simak bersamaa!


Teknik Digital - Rangkaian 7 Segmen Katoda dan Anoda


Layar tujuh segmen merupakan perangkat layar untuk menampilkan sistem angka desimal yang merupakan alternatif dari layar dot-matrix. Layar tujuh segmen seringkali digunakan pada jam digital, meteran elektronik, dan perangkat elektronik lainnya yang menampilkan informasi numerik. Tujuh bagian dari layar dapat dinyalakan dalam bermacam-macam kombinasi untuk menampilkan angka Arab. Sering ketujuh segmen disusun dengan kemiringan tertentu, untuk memudahkan pembacaan. Pada sebagian besar penerapannya, ketujuh segmen memiliki bentuk dan ukuran yang hampir seragam.

Layar tujuh segmen terdiri dari 7 buah LED yang membentuk angka 8 dan 1 LED untuk titik/DP. Angka yang ditampilkan di seven segmen ini dari 0-9. Cara kerja dari seven segmen disesuaikan dengan LED. LED merupakan komponen diode yang dapat memancarkan cahaya. Kondisi dalam keadaan ON jika sisi anode mendapatkan sumber positif dari Vcc dan katode mendapatkan sumber negatif dari ground. Berdasarkan cara kerjanya, tujuh segmen dibagi menjadi 2 bagian. ada katoda dan anoda. Nah, sekarang kita akan membahas  Katoda.



Common katoda
Common Katoda adalah penggabungan kaki-kaki katoda dari komponen-komponen. Common katoda merupakan deretan LED yang disusun dengan menggunakan katoda bersama. Dalam hal ini untuk menyalakannya dibutuhkan saklar yang menghubungkan kaki LED dengan VCC atau sumber tegangan. Untuk dapat menjalankan fungsinya Karena kaki-kaki yang terhubung positif, berati membutuhkan arus negatif. Sehingga komponen dengan common katoda dapat dijalankan dengan tegangan 0-2,5 volt.



Contoh dalam LED 7 SEGMENT
Common katoda merupakan pin yang terhubung dengan semua kaki katoda LED dalam seven segment. Common katoda akan digroundkan sehingga seven segment dengan common katoda akan aktif apabila diberi logika tinggi atau disebut aktif high. Kaki anoda dengan label a sampai h sebAgai pin aktifasi yang menentukan nyala LED.

Perbedaan mendasar antara common anoda dan common katoda adalah dari cara menyalakannya, deretan LED common anoda membutuhkan logika 0 (logika low) untuk menyalakanya sedangkan deretan LED common katoda membutuhkan logika 1 (logika high) untuk menyalakannya.
                
         Mungkin sekian dulu cerita dari saya tentang segmen anoda dan katoda. Kurang lebihnya mohon untuk dimaafkan. Sekian.



referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Layar_tujuh_segmen
https://www.jalankatak.com/id/common-anoda-dan-katoda/
http://ilmukecilsilvester.blogspot.com/2011/05/common-anoda-dan-katoda.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aljabar Linear- Basis dan Dimensi

Matriks Lanjutan 1 - Operasi Matriks dan Sifat-sifatnya

Matrik invers - Metode Adjoint dan OBE