Identintas Pribadi - tugas Keamanan Sistem Komputer

 

Nama : Wellyan Fionaris

Nim    : 201931058

 

Hallo! Nama saya Wellyan Fionaris, berasal dari salah satu kota di Pulau Sumatera, yaitu kota Padang. Saya adalah mahasiswa jurusan Teknik Informatika Angkatan tahun 2019, di Institut Teknologi PLN. Alas an mengapa saya memilih jurusan Informatika sebagai jurusan yang akan saya geluti selama kurang lebih 4 tahun kedepan adalah diantara 4 jurusan (elektro,mesin,sipil, dan informatika) yang ada di IT-PLN hanya ini yang menurut saya tidak terlalu berat seperti jurusan-jurusan lainnya. Baik itu  berupa tugas prakteknya, maupun ospeknya. Jujur ini pemikiran saya dulu. Pemikiran yang sangat salah, pemikiran sebelum mencicipi apa itu Kuliah dengan jurusan Informatika yang sebenarnya. Walaupun hanya baru 2 semester pemikiran saya jadi lebih terbuka. Jadi, kenapa harus IT? Informatika sangat menarik. Saya sering mendengar ucapan ‘’Dengan IT kita bisa menggenggam dunia’’. Sekarang saya percaya. Lapangan Kerja kita  luas! Tak ada yang bisa membatasi.  Kita bisa menjadi Programer. Teknologi yang ada dikomputer sangaat kerennnn!. Dan tentang susah gampangnya jurusan, sepertinya semua jruusan memiliki tingkat kesulitan masing-masing, tidak ada jurusan yang bisa disepelekan. Justru sekarang IT adalah jurusan yang sulit wkwk. buktinya nilai AP1 saya C.

Pengalaman yang saya alami selama 2 semester ini masih banyak disukarnya daripada mudahnya. Cukup kaget Ketika bertemu Mata Kuliah Algoritma Pemograman. Saya yang basicnya hanya lulus SMA, hanya bisa geleng-geleng kepala setiap melihat materi permateri diawal pertemuan. Saya kesulitan dalam mempraktekkannya langsung. Contohnya Ketika diminta untuk membuat kodingan. Saya paham teorinya, saya mengerti maksud soalnya, tetapi Ketika memulai untuk mencobanya ke aplikasi dev c++, otak saya langsung zonk. Tidak tahu harus mulai dari mana memulai rumusnya. Bahkan saking takutnya saya pada Matkul AP1, Ketika keesokkannya UTS dan UAS saya tidak tidur semalaman hanya untuk memastikan saya bisa tidak akan zonk lagi. Saya harus rajin belajar Latihan soal. Tapi, dibalik banyaknya kesukaran tadi ada kesenangan tersendiri jika hasil kodingan program saya berhasil. Saya bangga wkwk. Bukan hanya sisi perkodingan, secara tidak langsung saya mulai paham tentang teknologi apa yang tersimpan didalam sebuah Laptop. Baik itu cara kerja Laptop, otak dari laptop(prosesor), penyimpanan, bahkan yang awalnya saya hanya tahu Windows, tetapi ternyata masih ada lagi Linux dan sebagainya.

Seperti yang saya ceritakan diawal, baru semester 1 saya sudah mendapatkan nilai C untuk Mata Kuliah Algoritma Pemograman. Yang mana matkul tersebut merupakan mata kuliah wajib saya. Belum lama setelahnya saya ikut tes Microsof yang diadakan oleh kampus. Hasilnya kurang memuaskan, saya tidak lulus. Saya cukup sedih waktu itu. Sempat berpikir bahwa apa saya salah jurusan?. Ketika memasuki semester 2 saya mulai membuat perjanjian dengan diri sendiri. Saya tahu dimana kekurangan saya dan kaluapun memang benar saya salah jurusan, saya harus berusaha sebisa saya. Sederhananya begini “ saya harus berusaha bersungguh-sungguh, mencari sisi yang saya saya suka, belajar mencintai apa yang saya pelajari dan perlahan-lahan saya bisa menikmati jurusan ini”. Terlepas dari jurusan yang kita sukai atau bukan, Kembali kediri masing-masing. Rasa jenuh pasti ada,hanya saja tergantung car akita berpikir untuk mengatasinya. Hihi .

Menurut saya, Mata Kuliah Keamanan Sistem komputer merupakan Mata Kuliah Wajib di Semester 5. Tapi karna saya sendiri masih semester 3, jadi ini adalah Mata Kuliah Pilihan. (Maaf ibuu, jika jawaban saya salah:’) ).

menjawab soal :

  • Makna Keamanan menurut saya pribadi ialah kondisi dimana saya tidak merasakan gelisah,takut terhadap apapun yang akan terjadi dan untuk mendapatkan rasa Keamanan itu sendiri juga perlu beberapa tindakan yang harus kita lakukan. Keamanan itu sangat penting. Kehidupan dan rasa aman tak bisa dipisahkan. Bahkan bisa dibilang, hidup tanpa rasa aman sangatlah mustahil. Kita akan gelisah, rasa takut yang bergentayangan, dan hidup juga tidak akan tenang. 3 contoh nyata, keamanan itu penting :

-         Ketika kita berkendara, menggunakan helm sangatlah penting. Selain mengaman kepala dari panas matahari, helm juga bisa mengamankan organ penting dalam kepala jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yan g tidak diinginkan terjadi.  Misalnya kecelakaan.

-  Menjaga keamana rumah dengan cara mengunci gerbang, pintu rumah dan bahkan menggunkan cctv. Ini semua demi kebaikan Bersama untuk terhindar dari penjahat atau maling. Bukan hanya harta, nyawa juga bisa menjadi ancaman.

-     Keamanan dalam penggunaan sosmed. Dimana data-data kita tidak mudah diakses atau dicuru oleh orang-orang yang tidak kita kenal. System ini biasanya ada dalah menu pengaturan.

  • System menurut saya pribadi adalah suatu kesatuan atau bagian-bagian yang saling berhubungan, diaman jika salah satu bagian itu tidak ada akan menghambat cara kerja untuk mencapai tujuan dari system tersebut. System dalam kehidupan sangat diperlukan. Sederhananya, jika system tidak ada maka kehidupan akan kacau, tidak terarah dan hancur tanpa tertata. 3 contoh system dalam kehidupan :

-        Dalam berkendara lalu lintas dijalan raya. Ada system rambu lalu lintas yang harus dipatuhi. Mulai dari urutan lampu merah untuk berhenti,kuning untuk berhati-hati/ sedia, dan hijau untuk jalan. Ini merupakan urutan yang saling berhubungan, jika slah satunya tidak ada, lalu lintas akan kacau.

-    System organ pada manusia, berurutan mulai dari system pernapasan, pencernaan, gerak, reproduksi, dan seterusnya. Jika salah satu urutan ini tidak ada, maka system organ pada manusai tidak akaan terjadi secara sempurna

-   Dalam penggunaan m-banking dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari urutan pertama memasukan rekening tujuan, nominal uang, dan terakhir adalah sandi dari m-banking kita. Jika kita salah dalam memasukkan sandi. System akan menolak dan transaksi akan dibatalkan.

  • Komputer menurut saya pribadi adalah sebuah alat atau teknologi canggih dari masa kemasa, yang digunakan untuk membantu  mempermudah pekerjaan manusia . Pengguanaan komputer lumayan cukup penting bagi kehidupan manusia. Dimana alat ini bisa mempersingkat waktu pengerjaan pekerjaan, sebagai tempat penyimpanan data-data, dan pengolahan data.

-    Dimulai tahun 2018 Ujian Nasional SMA sederajat telah emnggunakan computer. Selain penghematan pengguanan kertas, penggunaan komputer juga dapat melatih siswa dalam memahami teknologi

-          Dengan computer pekerjaan jadi lebih mudah. Kita tidak perlu menyimpan buku-buku tebal untuk mencatat data-data. Cukup menggunakan computer saja

-      Computer jadi tempat untuk mengahasilkan uang. Bagaimana tidak, di komputer kita bisa belajar mengedit, mendesain dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya, Keamanan Sistem Komputer adalah suatu kondisi atau Tindakan yang perlu dialkaukan agar system atau bagian-bagian penting yang terdapat dalam computer bisa terjaga dengan aman dan baik dari gangguan tangan-tangan jahil.

 Keamanan Sistem komputer dari sejarah perkembangan komputer :

Pada saat computer diperkenalkan pertama kali, ukuran komputer sangat besar, langka, dan sangat mahal. Oleh karena itu organisasi atau perusahaan yang cukup beruntung memiliki komputer akan mencoba dengan cara terbaik untuk melindungi computer tersebut. Keamanan komputer hanya salah satu aspek dari keamanan secara keseluruhan dari asset organisasi. Keamanan difokuskan pada fisik pembobolan, pencurian peralatan komputer, dan pencurian atau perusakan kemasan disk, gulungan pita, dan media lainnya. Pada saat itu computer tidak terhubung dengan jaringan internet sehingga memang masalah keamanan hanya berfokus pada fisik dan lingkungannya saja.

 Tahun 1970-an, teknologi komunikasi mulai berubah dan dengan itu cara-cara berkomunikasi juga berubah, pengguna yang berhubungan dengan komputer dan data dapat bertukar informasi dengan menggunakan jaringan telepon. Selain itu multi-programaming, timesharing, dan jaringan mengubah semua aturan dalam berkomunikasi. Dengan terkoneksinya computer pada jaringan telepon maka pengguna berkemampuan untuk mengakses komputer dari lokasi terpencil. Dengan kemampuan itu mengubah penggunaan komputer. Komputer merambah ke bidang bisnis dengan mulai menyimpan informasi secara online dan terkoneksi dengan jaringan secara bersama-sama dan dengan mainframe yang berisi database.Dengan di mulainya computer dan jaringan untuk keperluan bisnis maka mulai muncul masalah keamanan computer terutama menyan gkut pencurian data dan informasi. Sehingga masalah keamanan computer tidak lagi terfokus pada masalah fisik dan lokasi, tetapi di tambah dengan masalah kemanan data dan informasi. Hingga saat ini. Semakin banyak kejadian hacker yang merugiakan. maka dari itu keamanan Komputer semakin ditingkatkan dari masa kemasa.


sekian dulu yaa, terimakasih banyak sebelumnya sudah membaca! jangan lupa jaga kesehatan selalu yaa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aljabar Linear- Basis dan Dimensi

Matriks Lanjutan 1 - Operasi Matriks dan Sifat-sifatnya

Matrik invers - Metode Adjoint dan OBE