Interface M-Banking
1. DEFINISI
Mobile banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah. Mobile banking menawarkan kemudahan jika dibandingkan dengan SMS banking karena nasabah tidak perlu mengingat format pesan SMS yang akan dikirimkan ke bank dan juga nomor tujuan SMS banking.
2. FITUR
Fitur-fitur layanan mobile banking antara lain :
- layanan informasi (saldo, mutasi rekening, suku bunga, dan lokasi cabang/ATM terdekat);
- layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, internet), pembelian pulsa, dan berbagai fitur lainnya.
3. Cara Kerja

Untuk menggunakan mobile banking, nasabah harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke bank. Nasabah dapat memanfaatkan layanan mobile banking dengan cara mengakses menu yang telah tersedia pada aplikasi yang terinstal di ponsel. Apabila nasabah menggunakan mobile banking melalui aplikasi yang terinstal di ponsel, nasabah harus mengunduh dan menginstal aplikasi pada telepon seluler terlebih dahulu. Pada saat membuka aplikasi tersebut, nasabah harus memasukkan User-ID dan password untuk login, kemudian nasabah dapat memilih menu transaksi yang tersedia dan diminta memasukkan OTP saat menjalankan transaksi.
4. Keuntungan menggunakan m-banking
- Layanan 24 Jam .Tidak seperti bank layanan satu ini 24 jam non-stop. Di mana pengguna bisa melakukan transaksi kapan saja, bahkan tengah malam sekalipun. Dalam keadaan yang sangat mendesak layanan ini tentu saja sangat dibutuhkan.
- Bisa Menyimpan Daftar Transfer. Di aplikasi mobile banking pada umumnya disediakan fitur untuk menyimpan nomor rekening tujuan baik untuk transfer antar rekening ataupun transfer ke bank lain.
- Transaksi lebih aman . Mobile banking menggunakan menerapkan 2 sistem keamanan, yaitu password untuk masuk ke akun rekening m-banking dan PIN bila pengguna ingin melakukan transaksi. Apabila pin atau password tidak sesuai maka secara otomatis mobile banking akan terblokir.
- Lebih efisien waktu . Sangat hemat waktu dan tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah.
- Mudah digunakanInterface atau antar muka dari mobile banking didesain sederhana bertujuan membantu nasabah agar lebih mudah menggunakannya.
5. Layanan M-Banking Perbankan
Berikut perbandingan tampilan interface beberapa bank yang memberikan layanan m-banking :
- Tampilan Interface M-banking Mandiri



manfaat :
Bisa dibilang fitur dari aplikasi ini cukup lengkap dengan tampilan warna Biru mudanya yang nyaman dan tak terallu mencolok Anda hanya perlu satu akun untuk menggunakan layanan mobile banking dan internet banking dari Mandiri.Adapaun layanan yang ditawarkan adalah, mengirim dan menerima uang, berbelanja online, top up e-money dan e-toll, serta membayar tagihan.
kekurangan : Aplikasi Mandiri memang memiliki tampilan yang bagus. Namun hal ini menyebabkan aplikasi menjadi terlalu berat bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi ram yang rendah.Kebanyakan keluhan yang dilontarkan bersifat senada, yaitu aplikasi yang terlalu berat sehingga membutuhkan waktu loading yang lama.
2.Tampilan Interface go mobile CIMB NIAGA


Manfaat : Bank Cimb Niaga memoles m-banking dengan user interface baru yang dinamis, modern, menarik, dan user friendly. serta sesuai dengan warna kartu atm nya yaitu orange.Mulai dari pembukaan rekening pertama tanpa ke cabang, tarik dan setor tunai tanpa kartu atau interface aplikasi yang apik dengan pilihan tema sesuai mood kamu. Coba sekarang.
Kelemahan : Kesalahan teknis seperti error (bug)
Kelemahan : Kesalahan teknis seperti error (bug)
3. Penampilan Interface m-banking BNI

Manfaat : BNI Mobile Banking dilengkapi dengan fitur baru :
- Quick Transfer Transfer ke rekening BNI tanpa memasukkan nomor rekening.
- Scan QR, dan
- Upload QR.
- Info Banner dan Promo Informasi seputar program dari BNI dapat dilihat melalui banner promo di BNI Mobile Banking.
- Launcher
- Pembukaan Rekening Digital.
- BNI Credit Card Mobile.
- BNI Poin +
- Nasabah juga bisa melakukan penjadwalan untuk tagihan-tagihan rutin. Dengan demikian Anda akan terhindar dari biaya penalti
Transfer dilakukan dengan cara :
KESIMPULAN
Dalam setiap aplikasi perbankan memang memiliki kelebihan dan kelemahan. Namun yang terpenting adalah Anda sebaiknya memilih aplikasi mobile banking yang dibutuhkan. Install aplikasi perbankan dari bank utama Anda, atau yang paling sering digunakan layanannya.
SUMBER INFORMASI
- https://www.aturduit.com/articles/perbandingan-mobile-banking-terbesar/
- https://goukm.id/cara-menggunakan-mobile-banking/
- https://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnimobilebanking
- https://www.bankmandiri.co.id/new-ui-mandiri-online
- https://www.cimbniaga.co.id/id/personal/digital-banking/go-mobile
- https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking
Komentar
Posting Komentar